-->

Catatan Malam Just Share


Senin, 08 September 2014

Pengertian Analisis SWOT dan Tujuan Analisis SWOT

Hampir  10 tahun yang lalu, pernah mendapatkan pembelajaran tentang analisis SWOT, baru saja ditanya untuk membantu membuatkan makalah analisa swot, banyak yang lupa he..yang  tahu tentang analisa swot ini sekilas yaitu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari hal tersebut sebagai bahan analisa.

Posting kali mencoba merefres teori yang dulu didapat dari bangku kuliah program study manajemen yaitu tentang analisa swot,  analisis SWOT dilakukan karena memiliki tujuan bagi perusahaan, analisis swot perusahaan dilakukan untuk mengukur sampai dimana kekuatan perusahaan, kelemahan perusahaan, dengan analisa swot diri sendiri pada perusahaan ini akan membantu dalam mengambil keputusan, langkah-langkah dalam memimpin perusahaannya. Jadi Metode swot ini diperlukan.


(sumber gambar : http://abangaprie.wordpress.com/ )



Pengertian analisis swot adalah
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-andan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500. (Sumber Wikipedia )


Kepanjangan swot
S =  strengths (kekuatan)
W = weaknesses (kelemahan)
O = opportunities (peluang)
T = threats (ancaman)

Tujuan Analisis Swot
Berikut beberapa Manfaat yang akan didapatkan dengan analisa SWOT tersebut diantaranya :

1. Sebagai panduan bagi perusahaan untuk menyusun berbagai kebijakan strategis terkait rencana dan pelaksanaan di masa akan datang. Dengan adanya analisa ini, maka diharapkan perusahaan akan mampu memilih kebijakan dan rencana terbaik untuk perkembangan bisnis di masa akan datang.

2. Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan strategis dan sistem perencanaan sebuah perusahaan. Analisa SWOT akan membantu perusahaan dalam memikirkan berbagai upaya evaluasi kebijakan yang dirasa merugikan dan mana yang menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan terbaru sebagai solusi berbagai masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa SWOT tersebut.

3. Memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan, selanjutnya melalui informasi yang ada tersebut akan menjadi pedoman bagi pemilik perusahaan maupun perancang kebijakan untuk melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah ada.

4. Memberikan tantangan ide-ide baru bagi pihak manajemen perusahaan. Adanya berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian dari manajemen perusahan untuk menemukan berbagai ide kebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada. (Sumber : info manfaat )


Sekian tentang Analisa Swot Semoga Bermanfaat

loading...
 
Atas