-->

Catatan Malam Just Share


Senin, 22 April 2013

Donor Darah Gratis Kenapa Butuh Darah Bayar


Ini yang sering diperbincangkan dimasyarakat, sampai media online seperti di status facebook, forum dan lain-lain, sebelum anda berpikiran yang lain-lain alangkah baiknya tanyakan petugas dari PMI, terkadang malas untuk menanyakan hal ini langsung kepada petugas, untuk itu admin posting ini saya posting kedalam blog ini, berikut ini kutipan yang bersumber dari stitidharma.org

Darah adalah cairan merah yang dikaruniakan oleh Tuhan YME untuk menunjang kehidupan manusia yang sampai saat ini belum dapat diproduksi tiruannya oleh pabrik manapun. Mengapa yang memakai darah untuk transfusi darah dipungut biaya?

Masih banyak masyarakat yang bertanya mengenai hal-hal ini: Mengapa PMI menarik biaya untuk darah yang ditransfusikan, padahal darah yang didapatkan dari donor adalah sumbangan secara sukarela?

Banyak yang mengatakan:

“Sudah membawa donor darah sendiri, kenapa dipungut biaya pada saat seseorang mendapat transfusi darah ?”
“Kenapa PMI melakukan jual beli darah ?”

I. Latar belakang kenapa PMI menarik service cost

Peraturan Pemerintah No. 18 tahun 1980, tentang transfusi darah.
SK. Dirjen Yan Med No. 1147/YANMED/RSKS/1991:

Bahwa penyelenggaraan UPAYA KESEHATAN DI BIDANG TANSFUSI DARAH dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia.

Apakah upaya kesehatan transfusi darah?

Adalah upaya kesehatan berupa segala tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memungkinkan penggunaan darah bagi keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan yang mencakup kegiatan-kegiatan pengerahan, penyumbangan darah, pengambilan, pengamanan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian darah kepada pasien melalui sarana pelayanan kesehatan.

Darah adalah darah manusia atau bagian-bagiannya yang diambil dan diolah secara khusus untuk tujuan pengobatan dan pemulihan kesehatan.

Transfusi darah adalah tindakan medis pemberian darah kepada penderita, yang darahnya telah tersedia dalam kemasan yang memenuhi syarat kesehatan dan telah melalui pemeriksaan-pemeriksaan dan diberikan secara langsung.

Penyumbang darah adalah orang yang secara sukarela memberikan darah untuk maksud dan tujuan transfuse darah.

Unit Transfusi Darah Daerah Palang Merah Indonesia yang selanjutnya disebutkan UTDD PMI adalah unit penyelenggara pengelolaan transfuse darah pada PMI.

Keberhasilan penyelenggaraan upaya kesehatan transfusi darah sangat berkaitan dengan faktor ketenagaan, peralatan, dana dan pengelolaannya, yang pada hakekatnya kesemuanya ini memerlukan biaya.

Oleh karena itu dalam upaya mengemban tugas tersebut, maka PMI cq UTD PMI DKI Jakarta menarik service cost kepada pasien yang menggunakan darah di rumah sakit, dengan berdasarkan ketentuan:
Peraturan Pemerintah No. 18 tahun 1980
SK. Dirjen Yan Med No. 1147/YANMED/RSKS/1991:

II. Apakah yang dimaksud service cost atau biaya pengelolaan darah?

Service cost/ biaya pengelolaan darah adalah biaya yang ditagih kepada orang sakit yang memakai darah di rumah sakit.

Kenapa orang sakit ditarik service cost/ biaya pengelolaan darah untuk pemakaian darahnya?

Karena sebagai biaya penggantian pengelolaan darah sejak darah diambil dari donor sukarela sampai darah dapat ditransfusikan pada orang sakit.

Apakah yang dimaksud dengan pengelolaan darah?

Yang dimaksud dengan pengelolaan darah adalah usaha mendapatkan darah sampai dengan darah siap pakai untuk orang sakit, yang melingkupi:

merekrut donor
mengambil darah donor
melakukan pemeriksaan uji saring
memisahkan darah donor menjadi komponen darah
melakukan pemeriksaan golongan darah
melakukan pemeriksaan kecocokan darah donor dan pasien
dan lain-lain
Untuk tugas-tugas tersebut diperlukan sarana penunjang: alat-alat laboratorium, reagensia-reagensia, dan lain-lain serta petugas yang mengerjakan tugas-tugas tersebut, misalnya:

jarum
kantong darah
sarana lain untuk mengambil darah
reagensia untuk memeriksa uji saring, pemeriksaan golongan darah, kecocokan darah donor dan pasien
alat-alat untuk penyimpanan dan pemisahaan darah menjadi komponen darah
sarana-sarana untuk pemeriksaan-pemeriksaan tersebut
biaya pegawai PMI yang melaksanakan tugas, dll.

III. Apakah pasien yang membawa donor sendiri juga harus tetap membayar service cost?

Service cost tetap harus dibayar, sebab bagaimana darah tersbut dapat sampai kepada orang sakit tanpa dilakukan prosedur:

pengambilan darah donor
pemeriksaan uji saring darah
pemisahan menjadi komponen darahnya
pemeriksaan golongan darahnya
pemeriksaan kecocokan darah donor dan pasien

IV. Kenapa ditarik uang service cost sedang PMI telah menarik sumbangan dari masyarakat?

Oleh karena hasil sumbangan masyarakat tersebut masih jauh dari mencukupi kebutuhan operasional Unit Transfusi Darah Daerah PMI. Sumbangan masyarakat terutama diperoleh pada saat bulan dana PMI yang dilakukan setahun sekali selama 2 bulan.

Hasil sumbangan masyarakat tersebut berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga PMI dan Garis-garis kebijaksanaan PMI ditentukan untuk Pengurus Pusat, Pengurus Daerah, Pengurus Cabang, dan keputusan yang terakhir tahun 1994-1999 sebagai berikut:

Pengurus Pusat: 5%
Pengurus Daerah: 10%
Pengurus Cabang: 70%
UTDD: 15%
Bantuan 15% dari hasil bulan dana tersebut tidak mencukupi biaya operasional Unit Transfusi Darah Daerah PMI.
Hasil sumbangan tersebut hanya 4% dari kebutuhan operasional, sedangkan biaya service cost juga tidak memenuhi 100% tetapi hanya 80% dari biaya operasional.

Penarikan service cot pada pasien yang memakai darah adalah berdasarkan ketentuan:
SK. Dirjen Yan Med No. 1147/YANMED/RSKS/1991:

V. Biaya penggantian penggunaan darah

Perhitungan biaya pengelolaan darah ditetapkan berdasarkan atas komponen-komponen sebagai berikut: komponen atas bahan dan alat habis pakai, komponen Administrasi, komponen jasa PMI.

Service cost ditarik di mana?

Di Rumah Sakit. Pada rumah sakit yang mempunyai Bank Darah, atau rumah sakit yang permintaan darahnya banyak tetapi belum mempunyai bank darah akan menarik service cost dari pasien di rumah sakit, lalu UTDD PMI akan menagih setiap bulan ke rumah sakit tersebut, berdasarkan pemakaian darahnya.
Di UTDD PMI. Untuk rumah sakit – rumah sakit yang letaknya jauh dari UTDD dan permintaan darahnya sedikit/ jarang, service cost ditarik langsung di UTDD.

loading...
 
Atas