-->

Catatan Malam Just Share


Jumat, 20 Juli 2018

Apa saja yang didapatkan mengikuti ektrakurikuler PMR


PMR (Palang Merah Remaja) kurangnya promosi tentang ektrakurikuler PMR membuat siswa baru bertanya, Apa saja yang didapatkan mengikuti ektrakuriker PMR ? alangkah baiknya memang seperti itu sebelum mengambil keputusan gali informasi yang benar, sebelum bergabung ke ektrakurikuler PMR kita perlu tahu apa saja nantinya kegiatan-kegiatan di ektrakurikuler PMR.

Kurikulum PMI sendiri untuk pembinaan PMR ada 7 Materi PMR yang masih diingatkan kepala saya seperti diantaranya, Kepalangmerahan, Perawatan Keluarga, Pertolongan Pertama, Donor Darah, Pendidikan remaja Sebaya tujuh materi itu bergulir menjadi program unit PMR dimasing-masing sekolah, biasanya latihannya seminggu sekali.

Selain teori ada juga praktek lapangan seperti mempraktekan pertolongan pertama, perawatan keluarga, jadi benar sekali bergabung menjadi anggota PMR aktif mengikuti kegiatan ektrakurikuler PMR ini pilihan yang tepat, karena mendjadi pengembangan diri siswa, siswa jadi punya ketrampilan tentang pertolongan pertama, pendidikan remaja sebaya dan lainnya.

Jadi selama satu tahun akan tersusun program yang dikoordinir oleh pembina PMR disekolahnya masing-masing, dari penjarigan minat atau rekrut anggota PMR, kemudian di kukuhkan dan mulai pemberian materi, mengikuti ajang kompetisi seperti jumbara, latihan gabungan dan lain sebagainya.

PMR sendiri juga punya ciri khas tersendiri dari berbagai Atribut PMR seperti seragam, topi, slayer terdapat logo Palang Merah Indonesia, simbol yang melekat indentik dengan sosial kemanusiaan, jadi ekstrakurikuler pendapat saya ini turut serta mengembangan generasi muda generasi bangsa untuk masa depan.

Di lingkungan karena seorang anggota PMR punya ketrampilan pertolongan pertama, bermanfaat untuk diri sendiri keluarga dan lingkungan. contoh kecil ketika adik jatuh terluka sebagai anggota PMR bisa memberikan pertolongan pertama.

Mungkin bagi anda yang sudah paham akan pentingnya ketrampilan yang didapatkan dari ektrakurikuler PMR, tidak hanya ketika sekolah tapi dirumahnya melengkapi perlengkapan PMR seperti misalnya mitela dan obat-obatan pertolongan pertama karena penting jika sewaktu-waktu dibutuhkan

Kesimpulan

Jadi Apa saja yang didapatkan mengikuti ektrakurikuler PMR akan mendapatkan pengetahuan tentang Ke PMI an, dalam bentuk teori dan praktek lapangan, seperti yang cukup populer yaitu latihan pertolongan pertama untuk PMR

Sekian , semoga bermanfaat.

loading...
 
Atas